?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+AKTIVITAS+BELAJAR+SISWA+DALAM+STRATEGI+BELAJAR+TUNTAS+(MASTERY+LEARNING)TERHADAP%0D%0AHASIL+BELAJAR+SISWA+MATA+PELAJARAN%0D%0ASEJARAH+KELAS+XI+IPS+SMAN+1%0D%0ASUMBERJAYA+TAHUN%0D%0AAJARAN+2016%2F2017&rft.creator=+ABDUL+RAHMAN+AS+SYAKIR%2C+1313033001&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.description=Berdasarkan+penelitian+pendahuluan+di+SMA+Negeri+1+Sumberjaya+menurut+guru+mata+pelajaran+sejarah+kelas+XI+IPS%2C+siswa+kurang+aktif+pada+pelajaran+yang+sedang+berlangsung+sehingga+banyak+sekali+siswa+yang+kurang+memahami+materi+yang+diberikan+oleh+guru+dan+akhirnya+hasil+belajarnyapun+kurang+memuaskan.+Untuk+mengatasi+permasalahan+tersebut%2C+peneliti+menggunakan+strategi+belajar+tuntas+(mastery+learning)+yang+menuntut+agar+siswa+melakukan+berbagai+aktivitas+belajar+yang+ada+didalamnya+sehingga+diharapkan+dapat+meningkatkan+pemahaman+siswa+terhadap+materi+pembelajaran.%0D%0ARumusan+masalah+dalam+penelitian+ini+adalah+apakah+ada+pengaruh+yang+signifikan+aktivitas+belajar+siswa+dalam+strategi+belajar+tuntas+(mastery+learning)+terhadap+hasil+belajar+siswa+pada+mata+pelajaran+sejarah+kelas+XI+IPS+SMA+Negeri+1+Sumberjaya+tahun+ajaran+2016%2F2017.+Tujuan+penelitian+adalah+mengetahui+ada+atau+tidaknya+pengaruh+yang+signifikan+aktivitas+belajar+siswa+dalam+strategi+belajar+tuntas+(mastery+learning)+terhadap+hasil+belajar+siswa+pada+mata+pelajaran+sejarah+kelas+XI+IPS+SMA+Negeri+1+Sumberjaya+tahun+ajaran+2016%2F2017.+Metode+yang+digunakan+dalam+penelitian+ini+adalah+eksperimen%2C+dengan+desain+One+Shot+Case+Study.+Teknik+analisis+data+pada+penelitian+ini+adalah+teknik+analisis+data+kuantitatif+dengan+menggunakan+uji-t%0D%0ABerdasarkan+analisis+data+yang+dilakukan+menggunakan+uji-t+diperoleh+hasil+thitung+%3D+5%2C20+%3E+ttabel+%3D+1%2C697%2C+dari+hasil+perhitungan+tersebut+dapat+disimpulkan+bahwa+ada+pengaruh+yang+signifikan+aktivitas+belajar+siswa+dalam+strategi+belajar+tuntas+(mastery+learning)+terhadap+hasil+belajar+siswa+pada+mata+pelajaran+sejarah+kelas+XI+IPS+SMA+Negeri+1+Sumberjaya+tahun+ajaran+2016%2F2017.%0D%0AKata+Kunci%3A+pengaruh%2C+aktivitas+belajar+siswa%2C+strategi+belajar+tuntas+(mastery+learning)%2C+hasil+belajar&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2017-03-03&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26170%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26170%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26170%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=+++ABDUL+RAHMAN+AS+SYAKIR%2C+1313033001++(2017)+PENGARUH+AKTIVITAS+BELAJAR+SISWA+DALAM+STRATEGI+BELAJAR+TUNTAS+(MASTERY+LEARNING)TERHADAP+HASIL+BELAJAR+SISWA+MATA+PELAJARAN+SEJARAH+KELAS+XI+IPS+SMAN+1+SUMBERJAYA+TAHUN+AJARAN+2016%2F2017.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26170%2F