@misc{eprints26176, month = {April}, title = {DESKRIPSI PERCAKAPAN MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN SOCRATES SAINTIFIK DALAM MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Penelitian Kualitatif Deskriptif pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 20 Bandarlampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017)}, author = {1313021039 Husain Khairi}, publisher = {Universitas Lampung}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/26176/}, abstract = {Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan percakapan matematis siswa pada Pembelajaran Socrates Saintifik dalam memfasilitasi kemampuan ko-munikasi matematis. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII H SMPN 20 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017. Data penelitian ini merupakan data kualitatif tentang percakapan matematis siswa yang diperoleh melalui catatan lapangan dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpu?lan. Berdasarkan hasil pe-nelitian, diperoleh kesimpulan bahwa dalam percakapan matematis yang diamati, indikator kemampuan komunikasi matematis yang dominan muncul adalah ma-thematical expression. Dalam percakapan matematis tersebut, guru lebih banyak mengajukan pertanyaan Socrates bertipe klarifikasi. Tahapan Saintifik yang lebih banyak dilakukan saat percakapan matematis berlangsung adalah tahapan mengomunikasikan. Selain itu, diperoleh juga temuan lain yaitu pola karakteristik percakapan matematis Q-A-V, bentuk percakapan matematis yaitu solve and dis-cuss, step by step, dan student pairs, serta fak?tor-faktor yang memengaruhi respon siswa dalam percakapan matematis yaitu minat belajar matematika, kepercayaan terhadap lawan bicara, dan keterlaksanaan komponen dalam berkomunikasi khususnya listening dan reading. Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, percakapan matematis, Pembe-lajaran Socrates Saintifik } }