TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints26210 UR - http://digilib.unila.ac.id/26210/ A1 - IBNU AINUN NAJIB, 1113022023 Y1 - 2017/02/28/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modelpembelajaran problem based learningterhadap keterampilan berpikir kreatif siswa serta mengetahui peningkatan keterampilan berfikir kreatif siswa SMP kelas VIII pada pembelajaran fisika menggunakan model problem based learning. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B di SMP Negeri 1 Trimurjo. Metode penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Designdengan jenis pretest-posttest group design. Data diuji dengan analisis N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, independen sample t-test, dan paired sample T test. Hasil penelitian yang ditunjukan dari uji independent sample t test sebesar sig 0,000 dan dari uji paired sample T test adalah Sig. 0,000 maka dapat dinyatakan terdapat pengaruh penggunaan model PBL terhadap keterampilan berpikir kreatif yang signifikan terhadap hasil belajar. Pengaruh penggunaan model terhadap hasil belajar juga ditunjukan oleh peningkatan hasil belajar keterampilan berpikir kreatif siswa dengan kategori sedang (g=0,39) sehingga dapat dinyatakan model PBL dapat meningkatkan ketrampilan berpikir kreatif siswa. Kata kunci:keterampilan berpikir kreatif,pembiasan cahaya, problem based learning. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN FISIKA AV - restricted ER -