?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENERAPAN+MODEL+RECIPROCAL+TEACHING+UNTUK+MENINGKATKAN+HASIL+BELAJAR+PADA+MATA%0D%0APELAJARAN+SEJARAH+SISWA+KELAS+XI+IPS+3%0D%0ASMA+AL-AZHAR+3+BANDAR+LAMPUNG%0D%0ATAHUN+PELAJARAN+2016%2F2017&rft.creator=ULAN+FITRIANI%2C+1213033075&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.description=Pembelajaran+yang+aktif+dan+interaktif+adalah+hal+yang+ingin+dicapai+dalam+proses+pembelajaran%2C+diharapkan+akan+tumbuh+dan+berkembang+potensi+siswa+dan+mengoptimalkan+hasil+belajar.+Kegiatan+belajar+mengajar+juga+tentunya+harus+mengikuti+perkembangan+zaman%2C+misalnya+belajar+mengajar+menggunakan+model+pembelajaran+yang+tepat.+Salah+satu+model+pembelajaran+yang+dapat+digunakan+agar+tujuan+pembelajaran+tercapai+adalah+menerapkan+Model+Pembelajaran+Reciprocal+Teaching.%0D%0ARumusan+masalah+dalam+penelitian+ini+adalah+%E2%80%9CApakah+Terdapat+Peningkatan+Hasil+Belajar+Kognitif+Siswa+Setelah+Menggunakan+Model+Reciprocal+Teaching+pada+Mata+Pelajaran+Sejarah+siswa+kelas+XI+IPS+3+di+SMA+Al-Azhar+3+Bandar+Lampung+Tahun+Pelajaran+2016%2F2017%3F%E2%80%9D.+Tujuan+penelitian+ini+untuk+mengetahui+%E2%80%9Cada+atau+tidak+ada+peningkatan+hasil+belajar+kognitif+siswa+setelah+menggunakan+model+Reciprocal+Teaching+pada+Mata+Pelajaran+Sejarah+siswa+kelas+XI+IPS+3+di+SMA+Al-Azhar+3+Bandar+Lampung+Tahun+Pelajaran+2016%2F2017%E2%80%9D.+Metode+yang+digunakan+dalam+penelitian+ini+adalah+metode+eksperimen.+Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+XI+IPS+3+di+SMA+Al-Azhar+3+Bandar+Lampung.+Sampel+dipilih+menggunakan+teknik+Sampling+Jenuh.+Adapun+alat+ukur+yang+digunakan+peneliti+yaitu+tes+soal+objektif+sebanyak+15+butir+soal.+Teknik+pengumpulan+data+yang+digunakan+adalah+tes%2C+observasi%2C+dan+dokumentasi.+Teknik+analisis+data+yang+digunakan+adalah+teknik+analisis+data+kuantitatif+deskriptif+yaitu+dengan+melihat+hasil+data+test+dari+sampel+yang+telah+ditentukan.%0D%0ABerdasarkan+hasil+analisis+data+dan+pembahasan+dapat+di+simpulkan+bahwa+penerapan+model+Reciprocal+Teaching+dapat+meningkatkanan+hasil+belajar+kognitif+siswa.+Terlihat+dari+43+siswa+yang+mengikuti+3+kali+test+ada+peningkatan+hasil+belajar+kognitif+siswa%2C+test+pertama+sebanyak+19+siswa+(41%2C8%25)+yang+nilainya+mampu+mencapai+%3E73%2C00%2C+test+kedua+sebanyak+26+siswa+(60%2C4%25)+yang+nilainya+mampu+mencapai+%3E73%2C00%2C+dan+test+ketiga+sebanyak+35+siswa+(81%2C4%25)+yang+nilainya+mampu+mencapai+%3E73%2C00.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2017-03-06&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26212%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26212%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26212%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++ULAN+FITRIANI%2C+1213033075++(2017)+PENERAPAN+MODEL+RECIPROCAL+TEACHING+UNTUK+MENINGKATKAN+HASIL+BELAJAR+PADA+MATA+PELAJARAN+SEJARAH+SISWA+KELAS+XI+IPS+3+SMA+AL-AZHAR+3+BANDAR+LAMPUNG+TAHUN+PELAJARAN+2016%2F2017.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26212%2F