%0 Generic %A WINDA FADILA, 1313053167 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:26227 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA V SD NEGERI 2 LANGKAPURA KOTA BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/26227/ %X Abstrak Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS siswa yang rendah dan kemandirian belajar yang masih rendah pada siswa kelas V SD Negeri 2 Langkapura Kota Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 54 siswa yang sekaligus menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Hasil dari teknik analisis data yang menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh r hitung = 0,5382 yang berarti korelasi tersebut positif. Persentase Koefisien Determinasi menunjukkan hasil 28,966% yang berarti variabel X (kemandirian belajar) memberikan kontribusi terhadap variabel Y (hasil belajar IPS) sebesar 28,966% yang sisanya dipengaruhi faktor lain sebesar71,034%. Kata kunci: Hasil Belajar, IPS, Kemandirian Belajar. Abstract The problem of this research is the low outcomes of social learning and low independent study for student in the V grade of SD Negeri 2 Langkapura, learning process 2016/2017 period. The purpose of this reaserch is to analyze the relationship between independent study with student social learning outcomes. This research uses quantitative method and correlation research design. The population of this researsh all student in the V. The data collection techniqe uses questionnaire and test. The estimation output using product moment correlation output is resulted T-aquared 0,5382 that means there is positive correlation. Coefficient determination is about 28,966%. It mean Independent Study gives contribution 28,966% to the result of social study and 71,034% is affected by another factors. Keyword: Independent Study, Social Learning Outcomes, Social Learning.