?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+IPS%0D%0AMELALUI+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF%0D%0ATIPE+JIGSAW+PADA+SISWA+KELAS+IV%0D%0ASD+NEGERI+05+MERAK+BATIN%0D%0ATAHUN+2016%2F2017&rft.creator=MEILENA+WAHRITA%2C++1313093075&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.subject=LB1501+Primary+Education&rft.description=Masalah+penelitian+ini+adalah+rendahnya+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+Kelas+IV%0D%0ASDN+05+Merak+Batin+pada+pembelajaran+IPS%2C+tercatat+bahwa+83%2C82%25+siswa+belum%0D%0Amencapai+KKM.+Dalam+penelitian+ini+tujuannya+adalah+untuk+meningkatkan%0D%0Aaktivitas+dan+hasil+belajar+IPS%2C+dengan+menerapkan+model+pembelajaran+Kooperatif%0D%0ATipe+Jigsaw.Jenis+model+penelitian+adalah+penelitian+tindakan+kelas.+Dengan+tahapan%0D%0Asetiap+siklus+yaitu+Perencanaan%2C+Pelaksanaan%2C+Pengamatan+dan+Refleksi.+Alat%0D%0Apengumpulan+data+berupa+Lembar+Observasi+dan+Soal+Tes%2C+Teknik+Analisis%0D%0AKuantitatif+dan+Analisis+Kualitatif.%0D%0AHasil+penelitian+ini+menunjukkan+bahwa+penerapan+model+Kooperatif+Tipe+Jigsaw%0D%0Adalam+pembelajaran+IPS+dapat+meningkatkan+aktifitas+dan+hasil+belajar+siswa.+Dapat%0D%0Adilihat+dari+siklus+1+ke+siklus+II+persentase+ketuntasan+aktivitas+belajar+siswa+siklus+1%0D%0Asebesar+25%2C80%25+dengan+kategori+kurang+aktif+dan+meningkat+ke+siklus+II+sebesar%0D%0A77%2C41%25+kategori+aktif%2C+persentase+ketuntasan+hasil+belajar+afektif+siswa+siklus+1%0D%0Asebesar+26%2C66%25+kategori+kurang+baik%2C+meningkat+ke+siklus+II+sebesar+70%2C76%25%0D%0Akategori+baik%2C+persentase+ketuntasan+hasil+belajar+psikomotor+di+siklus+I+sebesar%0D%0A29%2C03%25+kategori+kurang+terampil%2C+dan+meningkat+di+siklus+II+sebesar+74%2C19%25%0D%0Akategori+terampil%2C+persentase+hasil+belajar+kognitif+siswa+siklus+1+sebesar+64%2C51%25%0D%0Akategori+sedang+dan+meningkat+ke+siklus+II+sebesar+87%2C09%25+kategori+tinggi.%0D%0AKata+Kunci%3A+Hasil+belajar%2CJigsaw%2CKooperatif&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN+&rft.date=2017-02-22&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26236%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26236%2F19%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26236%2F20%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++MEILENA+WAHRITA%2C+1313093075++(2017)+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+IPS+MELALUI+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+JIGSAW+PADA+SISWA+KELAS+IV+SD+NEGERI+05+MERAK+BATIN+TAHUN+2016%2F2017.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN+%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26236%2F