TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints26236 UR - http://digilib.unila.ac.id/26236/ A1 - MEILENA WAHRITA, 1313093075 Y1 - 2017/02/22/ N2 - Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas IV SDN 05 Merak Batin pada pembelajaran IPS, tercatat bahwa 83,82% siswa belum mencapai KKM. Dalam penelitian ini tujuannya adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS, dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.Jenis model penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Dengan tahapan setiap siklus yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Alat pengumpulan data berupa Lembar Observasi dan Soal Tes, Teknik Analisis Kuantitatif dan Analisis Kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Kooperatif Tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari siklus 1 ke siklus II persentase ketuntasan aktivitas belajar siswa siklus 1 sebesar 25,80% dengan kategori kurang aktif dan meningkat ke siklus II sebesar 77,41% kategori aktif, persentase ketuntasan hasil belajar afektif siswa siklus 1 sebesar 26,66% kategori kurang baik, meningkat ke siklus II sebesar 70,76% kategori baik, persentase ketuntasan hasil belajar psikomotor di siklus I sebesar 29,03% kategori kurang terampil, dan meningkat di siklus II sebesar 74,19% kategori terampil, persentase hasil belajar kognitif siswa siklus 1 sebesar 64,51% kategori sedang dan meningkat ke siklus II sebesar 87,09% kategori tinggi. Kata Kunci: Hasil belajar,Jigsaw,Kooperatif PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 05 MERAK BATIN TAHUN 2016/2017 AV - restricted ER -