TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints26320 UR - http://digilib.unila.ac.id/26320/ A1 - NURUL CHIDAYATI, (1213022051) Y1 - 2017/03/30/ N2 - Adanya kolaborasi pendidikan dengan teknologi akan menjadikan pembelajaran lebih menarik, menyenangkan dan mudah dipelajari karena sifatnya yang fleksibel dan lebih interaktif, misalnya penggunaan e-learning yang diaplikasikan di internet. Namun kenyataan di lapangan berbeda, peserta didik masih banyak yang belum mengenal maupun berinteraksi dengan kolaborasi pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang menarik, mudah, bermanfaat dan efektif digunakan sebagai komplemen pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan menggunakan model pengembangan Analysis-Design-Development- Implementation-Evaluation (ADDIE) milik Dick & Carrey yang dimodifikasi oleh Reiser dan Mollenda. Penelitian ini melibatkan siswa kelas XI IPA 3 di MAN 1 Lampung Timur. Data kevalidan yang diperoleh dari uji ahli, uji 1-1, dan uji iii Nurul Chidayati lapangan menggunakan angket sedangkan data evaluasi dari uji keefektifan menggunakan tes secara online dan offline. Hasil dari uji lapangan diperoleh skor kemenarikan 3,31, kemudahan 3,30 dan kebermanfaatan 3,32 sedangkan uji keefektifan produk secara online dan offline memperoleh presentase 100% siswa telah mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa kualitas dari produk pengembangan sangat menarik, mudah, bermanfaat dan efektif untuk digunakan pada aspek kognitif. Kata Kunci: Schoology, E-Learning, Media Pembelajaran, Gerak Melingkar. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGEMBANGAN KOMPLEMEN PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI GERAK MELINGKAR DENGAN SCHOOLOGY AV - restricted ER -