%A 1313031022 DESNI PRATIWI %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARANCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGDANOPEN ENDED PROBLEMSUNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILL SISWA DENGAN MEMPERHATIKANEMOTIONAL QUOTIENT(EQ) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS IX SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dan Open Ended Problems dengan memperhatikan Emotional Quotient (EQ) siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan ialah desain treatment by level. Populasi penelitian ini sebanyak 10 kelas siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas siswa yang ditentukan dengan teknik clauster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan (1) Ada perbedaan life skill antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Open Ended Problems pada mata pelajaran IPS Terpadu, (2) Life skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran Open Ended Problems bagi siswa yang memiliki Emotional Quotient tinggi pada mata pelajaran IPS Terpadu, (3) Life skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Open Ended Problems lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning bagi siswa yang memiliki Emotional Quotient rendah pada mata pelajaran IPS Terpadu, (4) Ada interaksi antara model pembelajaran dengan Emotional Quotient terhadap life skill siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Kata kunci: Life Skill, CTL, OEP, EQ %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints26333