<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PEMAKAIAN BAHASA PADA IKLAN PRODUK MINUMAN DI\r\nTELEVISI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS\r\nSLOGAN DAN POSTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA"^^ . "Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemakaian bahasa pada iklan produk\r\nminuman di televisi terkait analisis pragmatik dan analisis kekerasan simbolik\r\nserta implikasinya sebagai media pembelajaran menulis slogan/poster bahasa\r\nIndonesia kelas VIII di SMP. Kajian ini dilakukan berdasarkan pemakaian bahasa\r\ndalam iklan, baik tulis maupun lisan, dan menggambarkan situasi penggunaan\r\nbahasa.\r\nMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.\r\nPelaksanaan penelitian mengacu pada desain teknik analisis bahasa, yaitu\r\npenyediaan, analisis dan penyajian data. Penyediaan data dilakukan menggunakan\r\nmetode wawancara dan teknik catat sehingga dipilih sebelas iklan dari lima\r\nmacam minuman yang dominan dipilih masyarakat untuk dianalisis, yaitu Aqua,\r\nPulpi Orange, Yakult, Freshtea, dan Pocari Sweat. Pengunduhan rekaman iklan\r\nminuman di situs youtube terhadap tayangan iklan televisi produksi tahun 2015-\r\n2016. Kontribusi hasil penelitian dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA\r\ndilakukan dengan memanfaatkan tayangan iklan produk minuman di televisi dan\r\nanalisis bahasa sebagai implikasi pembelajaran. Implikasi dideskripsikan dalam\r\nbentuk pemanfaatan pemakaian bahasa dalam iklan sebagai media pembelajaran\r\ndan penjabaran setting pelaksanaan pembelajaran.\r\nHasil penelitian didapat bahwa umumnya pemakaian bahasa dalam iklan\r\nmenggunakan tindak tutur menyatakan sesuatu (lokusi), memberikan informasi\r\nyang menarik minat masyarakat (ilokusi) yang berdampak untuk mengajak\r\nmereka untuk menggunakan produk yang diiklankan. Selain itu, pengiklan juga\r\nmemanfaatkan tuturan implikatur dengan mengemas sajian informasi yang secara\r\ntersirat mengajak masyarakat untuk membeli atau menggunakan produk tersebut.\r\nDan kekerasan simbolik digunakan pengiklan untuk memberikan citra seolah-olah\r\nproduk minumannya adalah yang terbaik. Analisis pragmatik dan kekerasan\r\nsimbolik bahasa iklan di televisi ini selanjutnya diimplementasikan dalam\r\npembelajaran sebagai contoh dan refrensi untuk mengembangkan keterampilan\r\nmenulis persuasif kepada siswa dalam bentuk slogan/poster.\r\nKata kunci: bahasa iklan,kekerasan simbolik, dan implikasi pembelajaran.\r\n\r\n\r\n\r\nabstract\r\n\r\nThis study aimed to describe the use of language in advertising related beverage\r\nproducts on television pragmatic analysis and analysis of symbolic violence, and\r\nuse it as a material of learning to write slogan/poster in grade VIII of junior high\r\nschool. The study was conducted based on the use of language in advertising, both\r\nwritten and oral, and describe the situation of language use.\r\nThe method used in this research is descriptive qualitative. Implementation of the\r\nresearch refers to the design language analysis techniques. Provision of data is\r\ndone using interview methods. It can be concluded that the selected eleven ads of\r\nfive kinds of drinks dominant consumer chooses to be analyzed, i.e Aqua, Pulpi\r\nOrange, Yakult, Freshtea, and Pocari Sweat. Techniques as well as downloading\r\non youtube to ad impressions on television production in 2015-2016. Contribution\r\nof research in Bahasa Indonesian learning in high school is done by utilizing ad\r\nimpressions products in televis and analysis of language as a implication learning.\r\nDescription of the use and implication of instructional media design and the\r\nelaboration of the implementation of learning settings.\r\nIn the results, language in advertising showed that generally the ad using speech\r\nacts states something (locutions), providing information that the public interest\r\n(illocutionary) to invite them to use the advertised product. In addition, advertisers\r\nmay also take advantage of speech implicature by present information that\r\nimplicitly invites the public to buy or use the product. While symbolic violence\r\nadvertisers use to give an image as the best product. Analysis of pragmatic and\r\nsymbolic violence on television advertising language is further developed into a\r\nmaterial of learning as examples and references to develop persuasive writing\r\nskills to students in the form of a slogan/poster.\r\nKeywords: advertising language, symbolic violence, and implication learning."^^ . "2017-01-16" . . . . . "MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA"^^ . . . . . . . "1423041006"^^ . "DESI INDAH LESTARI"^^ . "1423041006 DESI INDAH LESTARI"^^ . . . . . . "PEMAKAIAN BAHASA PADA IKLAN PRODUK MINUMAN DI\r\nTELEVISI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS\r\nSLOGAN DAN POSTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "PEMAKAIAN BAHASA PADA IKLAN PRODUK MINUMAN DI\r\nTELEVISI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS\r\nSLOGAN DAN POSTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (File PDF)"^^ . . . "TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PEMAKAIAN BAHASA PADA IKLAN PRODUK MINUMAN DI\r\nTELEVISI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS\r\nSLOGAN DAN POSTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (File PDF)"^^ . . . "PEMAKAIAN BAHASA PADA IKLAN PRODUK MINUMAN DI\r\nTELEVISI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS\r\nSLOGAN DAN POSTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PEMAKAIAN BAHASA PADA IKLAN PRODUK MINUMAN DI\r\nTELEVISI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS\r\nSLOGAN DAN POSTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PEMAKAIAN BAHASA PADA IKLAN PRODUK MINUMAN DI\r\nTELEVISI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS\r\nSLOGAN DAN POSTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Other)"^^ . . . . . . "PEMAKAIAN BAHASA PADA IKLAN PRODUK MINUMAN DI\r\nTELEVISI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS\r\nSLOGAN DAN POSTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Other)"^^ . . . . . . "PEMAKAIAN BAHASA PADA IKLAN PRODUK MINUMAN DI\r\nTELEVISI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS\r\nSLOGAN DAN POSTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Other)"^^ . . . . . . "PEMAKAIAN BAHASA PADA IKLAN PRODUK MINUMAN DI\r\nTELEVISI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS\r\nSLOGAN DAN POSTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Other)"^^ . . . . . . "PEMAKAIAN BAHASA PADA IKLAN PRODUK MINUMAN DI\r\nTELEVISI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS\r\nSLOGAN DAN POSTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Other)"^^ . . . . . . "PEMAKAIAN BAHASA PADA IKLAN PRODUK MINUMAN DI\r\nTELEVISI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS\r\nSLOGAN DAN POSTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMAKAIAN BAHASA PADA IKLAN PRODUK MINUMAN DI\r\nTELEVISI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS\r\nSLOGAN DAN POSTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMAKAIAN BAHASA PADA IKLAN PRODUK MINUMAN DI\r\nTELEVISI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS\r\nSLOGAN DAN POSTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMAKAIAN BAHASA PADA IKLAN PRODUK MINUMAN DI\r\nTELEVISI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS\r\nSLOGAN DAN POSTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PEMAKAIAN BAHASA PADA IKLAN PRODUK MINUMAN DI\r\nTELEVISI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS\r\nSLOGAN DAN POSTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMAKAIAN BAHASA PADA IKLAN PRODUK MINUMAN DI\r\nTELEVISI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS\r\nSLOGAN DAN POSTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMAKAIAN BAHASA PADA IKLAN PRODUK MINUMAN DI\r\nTELEVISI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS\r\nSLOGAN DAN POSTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMAKAIAN BAHASA PADA IKLAN PRODUK MINUMAN DI\r\nTELEVISI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS\r\nSLOGAN DAN POSTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #26339 \n\nPEMAKAIAN BAHASA PADA IKLAN PRODUK MINUMAN DI \nTELEVISI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS \nSLOGAN DAN POSTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA\n\n" . "text/html" . . . "LB Theory and practice of education"@en . . . "PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania"@en . .