creators_name: YUKE AGUSTIN, 1313023092 creators_id: yuke709@gmail.com type: other datestamp: 2017-04-25 06:24:50 lastmod: 2017-04-25 06:24:50 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA ispublished: pub subjects: L1 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan saintifik dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Bandarlampung semester ganjil Tahun Pelajar-an 2016/2017 dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 dan XI IPA 6. Pengambilan sampel dilakukan dengan dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian The Matching-Only-Pretest-Posttest Control Group. Efektivitas pendekatan saintifik ditinjau dari beberapa aspek, yaitu peningkatan nilai aktivitas dan kinerja siswa pada kelas eksperimen serta perbedaan rata-rata n-GainĀ¬ yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai aktivitas dan kinerja siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan setelah diterapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan rata-rata n-Gain keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen se-besar 0,17 dan 0,72. Berdasarkan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, laju reaksi, pendekatan saintifik date: 2017-04-10 date_type: published publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG place_of_pub: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN citation: YUKE AGUSTIN, 1313023092 (2017) EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN . document_url: http://digilib.unila.ac.id/26366/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/26366/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/26366/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf