%A 1313021026 DINI ARRUM PUTRI %T EFEKTIVITAS METODE DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 9 BandarLampung Tahun Pelajaran 2016/2017) %X Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode discovery learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan design post test only control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017 yang diambil dengan teknik purposive sampling yaitu mengambil dua kelas dari populasi yang ada untuk digunakan sebagai sampel. Data penelitian berupa data kuantitatif yang dicerminkan oleh hasil nilai posttest kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran discovery tidak lebih tinggi dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian pembelajaran discovery tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: discovery learning, efektivitas, kemampuan pemecahan masalah matematis. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints26388