%A 1213041075 RISKY AMELIA %T ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM ACARA GELAR WICARA MATA NAJWA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP %X ABSTRAK Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah alih kode dan campur kode dalam acara Gelar Wicara Mata Najwa dan implikasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan faktor penyebab alih kode dan campur kode dalam acara Gelar Wicara Mata Najwa dan implikasinya pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah video dalam acara Gelar Wicara Mata Najwa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak bebas libat cakap kemudian teknik catat. Kajian alih kode dan campur kode dalam penelitian ini meliputi bentuk dan faktor penyebab. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan terdapat bentuk alih kode ekstern. Alih kode ekstern berlangsung dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dan bahasa Indonesia ke bahasa Arab yang disebabkan oleh faktor penutur dan lawan tutur. Bila ditinjau dari bentuk-bentuk peristiwa campur kode dalam Acara Gelar Wicara Mata Najwa terdapat bentuk kata, frasa, baster, perulangan kata, ungkapan, dan klausa. Faktor yang mempengaruhi terjadinya campur kode adalah latar belakang sikap penutur dan kebahasaan. Kaitannya dengan materi pembelajaran, alih kode dan campur kode yang terdapat dalam acara Gelar Wicara Mata Najwa ini dapat dijadikan sebagai contoh penggunaan bahasa bilingual (dua bahasa) yang dapat digunakan secara kontekstual. Keterkaitannya dengan bahan ajar dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dalam pelajaran menulis teks naskah drama dan film dengan kompetensi dasar 3.16 Menelaah karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan dalam teks drama yang berbentuk naskah atau pentas; dan 4.16 Menyajikan drama dalam bentuk pentas atau naskah. Kata kunci: Alih kode, campur kode, Gelar Wicara Mata Najwa. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints26394