%A 1013137026 TAYIB %T MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGARANG IMAJINATIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN GUNUNG RAYA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %X Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil mengarang imajinatif siswa kelas IV SDN 1 Gunung Raya. Berdasarkan hasil ulangan harian Bahasa Indonesia di semester ganjil masih banyak siswa yang dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dengan nilai rata-rata 60 sedangkan KKM yang telah ditetapkan sebesar 65, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mengarang imajinatif siswa kelas IV SDN 1 Gunung Raya dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Prosedur penelitian berbentuk siklus, setiap siklus terdiri dari 4 kegiatan pokok yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Alat pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar, analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa melalui penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar mengarang imajinatif siswa kelas IV SDN 1 Gunung Raya pada mata pelajaran Bahsa Indonesia yang terlihat dari proses pembelajaran diakhir siklus terlihat mengalami peningkatan yang cukup baik. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 63, siklus II sebesar 66, dan siklus III sebesar 71 dengan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 15,78% dan siklus II ke siklus III sebesar 26,31%. Kata kunci = media gambar, hasil belajar mengarang. %C Universitas Lampung %D 2014 %I FKIP %L eprints2645