%0 Generic %9 Other %A Dwi Astuti, 1113119006 %C Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2014 %F eprints:2646 %I Universitas Lampung %T PENINGKATAN KETERAMPILAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SINAR MULYA KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN PRINGSEWU %U http://digilib.unila.ac.id/2646/ %X Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan belajar siswa mata pelajaran IPA siswa Kelas IV SD Negeri 1 Sinar Mulya?, (2) Apakah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 1 Sinar Mulya?, (3) Bagaimana hubungan antara keterampilan belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning kelas IV SD Negei 1 Sinar Mulya?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan belajar, hasil belajar, dan mengetahui hubungan antara keterampilan belajar dengan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sinar Mulya dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus, setiap siklus dua kali pertemuan dan terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, penilaian/pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan korelasi serial. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan belajar dan hasil belajar IPA, serta ada hubungan yang kurang erat antara keterampilan belajar dan hasil belajar IPA terhadap siswa kelas IV SD Negeri 1 Sinar Mulya. Kata kunci: keterampilan belajar, hasil belajar, PBL Abstract Bahasa Inggris