<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ANALISIS DAYA SAING DAN PEMASARAN\r\nLADA HITAM\r\nDI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR"^^ . "1)1) Mahasiswa Pascasarjana Magister Agribisnis Universitas Lampung\r\n2) Dosen Program Pascasarjana Magister Agribisnis Universitas Lampung\r\nABSTRAK\r\nANALISIS DAYA SAING DAN PEMASARAN\r\nLADA HITAM\r\nDI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR\r\nOleh\r\nSuwanto1, Ali Ibrahim Hasyim2, dan M. Irfan Affandi2\r\nPenelitian ini bertujuan untuk : (1) menganalisis keunggulan kompetitif dan\r\nkomparatif lada hitam di Kabupaten Lampung Timur, (2) menganalisis efisiensi\r\npemasaran lada hitam di Kabupaten Lampung Timur.\r\nPenelitian dilakukan di Kecamatan Margatiga dan Kecamatan Sukadana,\r\nKabupaten Lampung Timur pada bulan Oktober – Desember 2015. Jumlah\r\nsampel sebanyak 95 responden petani, 5 orang pedagang pengumpul I, 3 orang\r\npedagang pengumpul II dan 1 orang Eksportir. Jenis data yang digunakan adalah\r\ndata primer dan sekunder yang diperoleh dari wawancara langsung dan dari\r\ninstansi terkait. Untuk menjawab tujuan pertama digunakan analisis Policy\r\nAnalysis Matrix (PAM) sedangkan untuk menjawab tujuan kedua menggunakan\r\nanalisis kualitatif (deskriptif) dan analisis kuantitatif (statistik). Analisis kualitatif\r\nuntuk digunakan untuk mengetahui saluran pemasaran dan organisasi pasar,\r\nsedangkan analisis kuantitatif digunakan untuk mengetahui marjin pemasaran,\r\nelastisitas transmisi harga, serta analisis regresi dan korelasi harga.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) usahatani lada hitam di Kabupaten\r\nLampung Timur memiliki keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif\r\ndengan nilai PCR (Private Cost Ratio) sebesar 0,5524 dan nilai DRCR(Domestic\r\nResource Cost Ratio) sebesar 0,6503 sehingga layak dan menguntungkan untuk\r\ndiusahakan. (2) saluran pemasaran lada hitam di Kabupaten Lampung Timur\r\nterdiri dari tiga saluran pemasaran dengan sistem pemasaran cenderung efisien\r\nyang ditandai dengan producer’s share relatif besar (≥ 85,38 persen), koefisien\r\nkorelasi harga bernilai 0,996 (r mendekati 1) dan elastisitas transmisi harga\r\nbernilai 0,98676 (Et mendekati 1) maka sistem pemasaran lada hitam di Lampung\r\nTimur mengarah kepada pasar bersaing sempurna dengan struktur pasar\r\noligopsoni.\r\nKata kunci : daya saing, efisiensi pemasaran, lada hitam,\r\n1)1) Mahasiswa Pascasarjana Magister Agribisnis Universitas Lampung\r\n2) Dosen Program Pascasarjana Magister Agribisnis Universitas Lampung\r\nANALYSIS OF COMPETITIVENESS AND MARKETING\r\nBLACK PEPPER COMMODITIES (Pipper ningrum L.)\r\nIN LAMPUNG TIMUR REGENCY\r\nBy\r\nSuwanto1, Ali Ibrahim Hasyim2, dan M. Irfan Affandi2\r\nThe purpose of this study was (1) to analyze the competitive and\r\ncomparative advantages of Black Pepper in Lampung Timur regency, (2) to\r\nanalyze of marketing efficiensies Black Pepper commodities in Lampung\r\nTimur regency.\r\nThis research is done at Margatiga's district and Sukadana's district,\r\nLampung Timur Regency on October to December 2015. Total sample as\r\nmuch 95 farmer respondents, 5 intermediate trader I, 3 intermediate trader II\r\nand 1 Exporter trader. The type of data used are primary data and secondary\r\ndata obtained trought from direct interview and departments or agencies that\r\nconcerning. To answer to first objective analysis used the Policy Analysis\r\nMatrix (PAM), meanwhile to answer the second objective analysis used\r\nqualitatif analysis (descriptive) and quantitative analysis (statistic).\r\nQualitatif analysis used to know marketing channels and market\r\norganization, meanwhile quantitative analysis are used to know marketing\r\nmargin, price transmission elastiicity, regression and price correlation.\r\nThe results of the research said that: (1) black peppers farming in Lampung\r\nTimur Regency have competitive and comparative advantage with value of\r\nPCR( Private Cost Ratio ) equal to 0,5524 and value of DRCR( Domestic\r\nResource Cost Ratio ) equal to 0,6503 so it is quite feasible for cultivated.\r\n(2 ) black pepper marketing channels in Lampung Timur Regency have\r\nthree marketing channels with marketing system is efficient category that\r\nshows by producer’s share more than 85,38 percents, price correlation\r\ncoefficient (r) 0,996 (r nearly 1) and price transmission elasticity (Et)\r\n0,98676 (Et nearly 1) therefore black pepper marketing system at Lampung\r\nTimur Regency aims to perfect competing market with oligopsoni's market\r\nstructure.\r\nKeywords: competitiveness, marketing efficiency and black pepper"^^ . "2017-03-22" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "1424021011"^^ . "Suwanto"^^ . "1424021011 Suwanto"^^ . . . . . . "ANALISIS DAYA SAING DAN PEMASARAN\r\nLADA HITAM\r\nDI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR (File PDF)"^^ . . . "1. ABSTRAK.pdf"^^ . . . "ANALISIS DAYA SAING DAN PEMASARAN\r\nLADA HITAM\r\nDI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR (File PDF)"^^ . . . "ANALISIS DAYA SAING DAN PEMASARAN\r\nLADA HITAM\r\nDI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR (File PDF)"^^ . . . "3. TESIS TANP BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "ANALISIS DAYA SAING DAN PEMASARAN\r\nLADA HITAM\r\nDI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS DAYA SAING DAN PEMASARAN\r\nLADA HITAM\r\nDI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS DAYA SAING DAN PEMASARAN\r\nLADA HITAM\r\nDI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS DAYA SAING DAN PEMASARAN\r\nLADA HITAM\r\nDI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS DAYA SAING DAN PEMASARAN\r\nLADA HITAM\r\nDI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "ANALISIS DAYA SAING DAN PEMASARAN\r\nLADA HITAM\r\nDI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS DAYA SAING DAN PEMASARAN\r\nLADA HITAM\r\nDI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "ANALISIS DAYA SAING DAN PEMASARAN\r\nLADA HITAM\r\nDI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ANALISIS DAYA SAING DAN PEMASARAN\r\nLADA HITAM\r\nDI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ANALISIS DAYA SAING DAN PEMASARAN\r\nLADA HITAM\r\nDI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ANALISIS DAYA SAING DAN PEMASARAN\r\nLADA HITAM\r\nDI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "ANALISIS DAYA SAING DAN PEMASARAN\r\nLADA HITAM\r\nDI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ANALISIS DAYA SAING DAN PEMASARAN\r\nLADA HITAM\r\nDI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ANALISIS DAYA SAING DAN PEMASARAN\r\nLADA HITAM\r\nDI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ANALISIS DAYA SAING DAN PEMASARAN\r\nLADA HITAM\r\nDI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #26464 \n\nANALISIS DAYA SAING DAN PEMASARAN \nLADA HITAM \nDI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR\n\n" . "text/html" . . . "Budidaya tanaman"@en . .