@misc{eprints26467, month = {April}, title = {IMPLEMENTASI MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA MATERI USAHA DAN ENERGI}, author = {1313022011 CLAUDIA CITRA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/26467/}, abstract = {ABSTRAK IMPLEMENTASI MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA MATERI USAHA DAN ENERGI Oleh CLAUDIA CITRA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan penguasaan konsep siswa dalam penggunaan modul pembelajaran berbasis Learning Content Development System (LCDS) pada materi usaha dan energi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 7 Bandar Lampung, sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Non Equivalent Control Group Pretest - Posttest Design. Berdasarkan hasil uji peningkatan penguasaan konsep siswa dengan uji Independent Sample T Test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan modul pembelajaran berbasis LCDS memiliki peningkatan signifikan terhadap penguasaan konsep fisika pada siswa, hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata nilai N-gain pada kelas kontrol 0,31 dan rata-rata nilai N-gain pada kelas eksperimen 0,71. Kata kunci: LCDS, Penguasaan Konsep, Usaha dan Energi} }