title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Seputih Mataram Tahun Ajaran 2016/2017) creator: I Wayan Agus Setiawan, 1213021028 subject: L Education (General) = Pendidikan subject: QA Mathematics description: ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Seputih Mataram Tahun Ajaran 2016/2017) Oleh I Wayan Agus Setiawan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seputih Mataram tahun ajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam lima kelas. Dengan teknik purposive sampling, dipilih siswa kelas VIII B dan VIII C sebagai sampel. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah tidak berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: pengaruh, pembelajaran berbasis masalah, representasi matematis publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2017-03-31 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26474/19/1.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26474/20/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26474/21/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: I Wayan Agus Setiawan, 1213021028 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Seputih Mataram Tahun Ajaran 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/26474/