%A 1213021028 I Wayan Agus Setiawan %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Seputih Mataram Tahun Ajaran 2016/2017) %X ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Seputih Mataram Tahun Ajaran 2016/2017) Oleh I Wayan Agus Setiawan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seputih Mataram tahun ajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam lima kelas. Dengan teknik purposive sampling, dipilih siswa kelas VIII B dan VIII C sebagai sampel. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah tidak berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: pengaruh, pembelajaran berbasis masalah, representasi matematis %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints26474