%0 Generic %A RAHAYU SAFITRI , 1313053123 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:26490 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 WAY KANDIS KOTA BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/26490/ %X ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS siswa yang rendah pada kelas V SD Negeri 1 Way Kandis Kota Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar IPS. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan desain yang digunakan adalah korelasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Way Kandis Kota Bandar Lampung berjumlah 110 siswa dan sampel penelitian adalah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Kesimpulan penelitian diperoleh r hitung = 0,990 yang artinya korelasi tersebut positif, erat dan signifikan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1 Way Kandis Kota Bandar Lampung. Kata kunci: hasil belajar, IPS, lingkungan keluarga. ABSTRACT The problem in this research is the low learning outcomes students of social science grade 5 th in SDN 1 Way Kandis Bandar Lampung city. The purpose of this research is to know relationship between family environment and learning outcomes students of social science. The research the design used is a correlation. The population were student grade 5th in SDN 1 Way Kandis Bandar Lampung City with total number of students 110. Samples were taken as 30 students from grade 5th C of the total 110 population. Data collection techniques in this research using questionners and test. The result of the data analysis technique using correlation formula, obtained count r = 0,990, There is a positive, and significant correlation between family environment with learning outcomes students of social sience grade 5th SD Negeri 1 Way Kandis Bandar Lampung City. Key Words : low learning outcomes, SOCIAL SCIENCE family environment