?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=%0D%0AUPAYA+PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+PKn+++++++++++++++++MELALUI+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+STUDENT++++++++++++++++++++++TEAMS+ACHIVEMENT+DIVISION+PADA+SISWA+KELAS+IV+++++++++++++++++++++++++SEKOLAH+DASAR+BHAKTI+IBU+LAMPUNG+SELATAN+++++++++++++++++++++++++++++++++++TAHUN+PELAJARAN+2016%2F2017++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++%0D%0A&rft.creator=+FITRI+%2C+1413093012&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=LB1501+Primary+Education&rft.description=ABSTRAK%0D%0A%0D%0AMasalah+dalam+penelitian+ini+adalah+rendahnya+aktivitas+dan+hasil+belajar+PKn+siswa+kelas+IV+SD+Bhakti+Ibu+Lampung+Selatan.+Hasil+belajar+siswa+belum+mencapai+Kriteria+Ketuntasan+Minimal+(KKM)+yang+ditentukan+sebesar+65.+Tujuan+penelitian+ini+untuk+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+dalam+pembelajaran+PKn+dengan+model+pembelajaran+tipe+STAD.+Penelitian+ini+menggunakan+motode+Penelitian+Tindakan+Kelas.+Penelitian+ini+berlangsung+dua+siklus%2C+tiap+siklus+terdiri+dari+empat+kegiatan+yaitu+perencanaan%2C+pelaksanaan%2C+observasi%2C+dan+refleksi.+Tindakan+pengumpulan+data+menggunakan+deskriptif+kualitatif.+Alat+pengumpulan+data+dilakukan+dengan+cara+observasi+dan+tes+hasil+belajar.+Analisis+data+dalam+penelitian+ini+bersifat+kualitatif+dan+kuantitatif.+Berdasarkan+hasil+penelitian+dapat+disimpulkan+bahwa+terdapat+peningkatan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+kelas+IV+dari+siklus+I+sampai+siklus+II.+Hasil+belajar+siswa+yang+diperoleh+(1)+Terdapat+peningkatan+aktivitas+belajar+PKn+melalui+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+STAD+siswa+kelas+IV+SD+Bhakti+Ibu+setiap+siklusnya.+(2)+Terdapat+peningkatan+hasil+belajar+PKn+melalui+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+STAD+pada+siswa+kelas+IV+SD+Bhakti+Ibu+setiap+siklusnya%2C+hal+ini+sesuai+dengan+nilai+hasil+belajar+yang+telah+diperoleh+siswa+pada+siklus+I+sampai+siklus+II%2C+dimana+nilai+rata-rata+siklus+I+meningkat+pada+siklus+II+sehingga+ketuntasan+belaajr+siswa+juga+meningkat.(3)+Terdapat+hubungan+yang+positif+dan+erat+antara+aktivitas+belajar+dan+hasil+belajar+PKn+melalui+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+STAD+pada+siswa+kelas+IV+SD+Bhakti+Ibu.++++++++++++++++%0D%0A%0D%0AKata+Kunci+%3A+Aktivitas%2C+Hasil+Belajar%2C+Kooperatif+Tipe+STAD.++%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2017-03-23&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26499%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26499%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26499%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=+++FITRI+%2C+1413093012++(2017)++UPAYA+PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+PKn+MELALUI+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+STUDENT+TEAMS+ACHIVEMENT+DIVISION+PADA+SISWA+KELAS+IV+SEKOLAH+DASAR+BHAKTI+IBU+LAMPUNG+SELATAN+TAHUN+PELAJARAN+2016%2F2017.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26499%2F