%A 1413093012 FITRI %T UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR BHAKTI IBU LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 %X ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Bhakti Ibu Lampung Selatan. Hasil belajar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan sebesar 65. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan model pembelajaran tipe STAD. Penelitian ini menggunakan motode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini berlangsung dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan pengumpulan data menggunakan deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dari siklus I sampai siklus II. Hasil belajar siswa yang diperoleh (1) Terdapat peningkatan aktivitas belajar PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas IV SD Bhakti Ibu setiap siklusnya. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SD Bhakti Ibu setiap siklusnya, hal ini sesuai dengan nilai hasil belajar yang telah diperoleh siswa pada siklus I sampai siklus II, dimana nilai rata-rata siklus I meningkat pada siklus II sehingga ketuntasan belaajr siswa juga meningkat.(3) Terdapat hubungan yang positif dan erat antara aktivitas belajar dan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SD Bhakti Ibu. Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Kooperatif Tipe STAD. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints26499