%0 Generic %A JUARIAH FITRI , 1213024034 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:26506 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR BERDASARKAN GENDER DAN HUBUNGAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VII IPA SEKECAMATAN LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017 %U http://digilib.unila.ac.id/26506/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya belajar hubungannya dengan gender dan hasil belajar siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII SMP Sekecamatan Labuhan Ratu Bandar Lampung yang berjumlah 318 siswa siswa yang dipilih secara purposive sampling. Data kualitatif berupa gaya belajar yang diperoleh dari skor jawaban angket siswa yang dianalisis menggunakan deskriptif dan data kuantitatif berupa data hasil belajar, untuk mengetahui perbandingan gaya belajar dan hasil belajar siswa menggunakan uji statistik menggunakan uji Mann-Whitney U dan uji Korelasi Kendall’s Tau. Hasil penelitian menunjukan terdapat tiga jenis gaya belajar siswa, yaitu visual, auditorial dan kinestetik. Gaya belajar auditorial lebih dominan dibandingkan dengan gaya belajar lainnya. Hasil uji statistik Mann-Whitney U diperoleh bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar siswa laki-laki dan perempuan. Pada uji korelasi Kendall’s Tau menunjukan tidak terdapat hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar pada siswa laki-laki dan perempuan dengan nilai koefisien yang positif menunjukkan gaya belajar dominan yang dimiliki siswa mempengaruhi hasil belajar dan nilai koefisien yang negatif menunjukkan gaya belajar dominan yang dimiliki siswa tidak berpengaruh terhadap hasil belajar. Kata kunci: gaya belajar, gender, hasil belajar