%0 Generic %9 Other %A Kenia Mahargyani, 1013023048 %C Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2014 %F eprints:2653 %I Universitas Lampung %T Analisis Keterampilan Berpikir Lancar pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit Menggunakan Inkuiri Terbimbing %U http://digilib.unila.ac.id/2653/ %X Abstrak Bahasa Indonesia ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR LANCAR PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT MENGGUNAKAN INKUIRI TERBIMBING Oleh KENIA MAHARGYANI Penelitian ini bertujuan untuk men¬deskripsikan kemampuan berpikir lancar pada materi larutan elektrolit nonelektrolit menggunakan model pembel¬ajaran inkuiri terbimbing untuk siswa kelompok tinggi, sedang dan rendah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMA Negeri 2 Metro. Penelitian ini menggu¬na¬kan metode pre-eksperimen, desain one shot case study, dan analisis data mengguna-kan statistik deskrip¬tif. Hasil penelitian menun¬juk¬kan bahwa keterampilan siswa dalam berpikir lancar pada kelompok tinggi 57,14% siswa berkriteria sangat baik, 28,57% siswa berkriteria baik, dan 14,29% berkriteria cukup. Pada ke¬lom¬pok sedang 17,65% siswa berkriteria sangat baik, 70,59% siswa berkri¬teria baik dan 11,76% siswa lainnya berkriteria cukup. Pada kelompok rendah 14,29% siswa berkriteria sangat baik, 28,57% siswa berkri¬teria baik, dan 57,14% siswa lainnya berkriteria cukup. Kata kunci : inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir lancar, larutan elektrolit nonelektrolit