@misc{eprints26538, month = {April}, title = {EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN CIRC DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 8 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016-2017 }, author = { 1213021068 SYAIFUL ANWAR}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG }, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/26538/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembela- jaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) ditinjau dari ke- mampuan komunikasi matematis siswa. Desain yang digunakan adalah posttest only control design dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-G sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-H sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purpossive random sampling. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan pem- belajaran CIRC tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa, namun kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran CIRC lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pem- belajaran konvensional. Kata kunci: efektivitas, pembelajaran CIRC, komunikasi matematis } }