title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN CIRC DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 8 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016-2017 creator: SYAIFUL ANWAR, 1213021068 subject: L Education (General) = Pendidikan subject: QA Mathematics description: ABSTRAK Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembela- jaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) ditinjau dari ke- mampuan komunikasi matematis siswa. Desain yang digunakan adalah posttest only control design dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-G sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-H sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purpossive random sampling. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan pem- belajaran CIRC tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa, namun kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran CIRC lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pem- belajaran konvensional. Kata kunci: efektivitas, pembelajaran CIRC, komunikasi matematis publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2017-04-12 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26538/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26538/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26538/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: SYAIFUL ANWAR, 1213021068 (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN CIRC DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 8 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016-2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG . relation: http://digilib.unila.ac.id/26538/