TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints26538 UR - http://digilib.unila.ac.id/26538/ A1 - SYAIFUL ANWAR, 1213021068 Y1 - 2017/04/12/ N2 - ABSTRAK Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembela- jaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) ditinjau dari ke- mampuan komunikasi matematis siswa. Desain yang digunakan adalah posttest only control design dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-G sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-H sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purpossive random sampling. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan pem- belajaran CIRC tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa, namun kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran CIRC lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pem- belajaran konvensional. Kata kunci: efektivitas, pembelajaran CIRC, komunikasi matematis PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN CIRC DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 8 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016-2017 AV - restricted ER -