creators_name: SYAIFUL ANWAR, 1213021068 creators_id: syaifulsman4@yahoo.com type: other datestamp: 2017-05-02 03:06:12 lastmod: 2017-05-02 03:06:12 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN CIRC DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 8 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016-2017 ispublished: pub subjects: L1 subjects: QA full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembela- jaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) ditinjau dari ke- mampuan komunikasi matematis siswa. Desain yang digunakan adalah posttest only control design dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-G sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-H sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purpossive random sampling. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan pem- belajaran CIRC tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa, namun kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran CIRC lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pem- belajaran konvensional. Kata kunci: efektivitas, pembelajaran CIRC, komunikasi matematis date: 2017-04-12 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: SYAIFUL ANWAR, 1213021068 (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN CIRC DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 8 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016-2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG . document_url: http://digilib.unila.ac.id/26538/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/26538/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/26538/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf