%A 0911031008 Febty Gabriella %T Analisis Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Earnings Management pada Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi manajemen laba perusahaan sebelum dan sesudah IPO, serta membuktikan secara empiris pengaruh nilai penawaran saham saat IPO, ukuran perusahaan, umur perusahaan, dan leverage terhadap manajamen laba perusahaan sebelum IPO. Penelitian ini mengunakan sampel seluruh perusahaan yang pada tahun 2007-2012 melakukan Initial Public Offering. Sampel diambil sebanyak 61 perusahaan yang dilakukan secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Independent Sample T Test dan regresi berganda dengan software SPSS 17.0. Hasil penelitian menyatakan bahwa perusahaan sampel penelitian lebih banyak melakukan manajemen laba sebelum melakukan IPO dibandingkan dengan setelah melakukan IPO. Disamping itu hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa dari keseluruhan variabel bebas yang diduga berpengaruh terhadap manajemen laba, hanya variabel leverage yang berpengaruh terhadap manajemen laba, sedangkan nilai penawaran saham, ukuran perusahaan dan umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. This study aims to detect earnings management company before and after the IPO, and demonstrate empirically the influence of the value of the current public offering IPO, firm size, firm age, and leverage on earnings management company before the IPO. This study uses a sample of all companies in 2007-2012 launched Initial Public Offering. Samples taken as many as 61 companies conducted by purposive sampling. Data collected through documentation. Data were analyzed using Independent Sample T-Test analysis and multiple regressions with SPSS 17.0 software. The study states that the sample firms do more research before doing an IPO earnings management compared to after the IPO. Besides, the results of this study also showed that the independent variables of the overall expected effect on earnings management, leverage variables only affect the earnings management, while offering value, firm size and firm age has no effect on earnings management. %C Fakultas Ekonomi %D 2014 %I Universitas Lampung %L eprints2655