creators_name: FITRI MARTIAS DININGSIH, 1313053065 creators_id: fitrimartias3@gmail.com type: other datestamp: 2017-05-03 02:02:26 lastmod: 2017-05-03 02:02:26 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 METRO TIMUR ispublished: pub subjects: L1 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 1 Metro Timur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Metro Timur. Jenis penelitian ini penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis dengan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data berupa kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas IV A 68,00 sedangkan nilai ratarata kelas IV B 74,25. Hasil perhitungan uji hipotesis menunjukan nilai sig ditolak. Dari perhitungan tersebut dapat diperoleh bahwa 2,5% model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. 0 Kata kunci: hasil belajar, IPS, model kooperatif, two stay two stray date: 2017-04-19 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: FITRI MARTIAS DININGSIH, 1313053065 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 METRO TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/26563/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/26563/3/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/26563/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf