%0 Generic %A UMI LESTARI , 1316051074 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:26580 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T “ STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA JASA PENGINAPAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (Studi Pada Guesthouse Nuwono Tasya, Rajabasa, Bandar Lampung)” %U http://digilib.unila.ac.id/26580/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan business model canvas dalam menciptakan alternatif strategi bisnis untuk pengembangan usaha jasa penginapan Nuwono Tasya serta mengetahui alternatif strategi yang tepat untuk pengembangan usaha jasa penginapan Nuwono Tasya itu sendiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan informan sebagai objek penelitian. Sumber data yang digunakan berasal dari informan secara langsung (data primer) dan berasal dari website atau buku-buku referensi (data sekunder). Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Guesthouse Nuwono Tasya telah menerapkan business model canvas didalam menjalankan aktivitas usahanya meskipun tidak disadari secara langsung. Selain itu, strategi bisnis yang tepat untuk diterapkan oleh Guesthouse Nuwono Tasya berdasarkan analisis SWOT yaitu strategi WO (Weaknesses opportunity) atau disebut dengan strategi turn-around. Sehingga penting bagi Nuwono Tasya memperhatikan kedua hal itu jika ingin berhasil mengembangkan usahanya. Kata kunci: Business Model Canvas, Guesthouse Nuwono Tasya, Strategi Bisnis abstract This research aimed to determine how the aplication of business model canvas to create alternative business strategies for the development of lodging servive business Nuwono Tasya and to determine the appropriate strategic alternatives for business development in lodging srvice business Nuwono Tasya it self. Type of this research was a descriptive sudy with qualitative approach and informants as a subject. The data was was used came from directly informants (primary data) and camme from a website or reference books (secondary data). Data collection technique was used by interview, obsevations and dokumentation This reserch result that the Nuwono Tasya Guesthouse has implemented business model canvas in carrying out its business activities despite not realized directly. In addition, the right business strategy to be applied by the Nuwono Tasya Guesthouse based on SWOT analysis is strategi WO (weaknesses opportunity) or so called turnaround strategy. So important for Nuwono Tasya Guesthouse pay attention to two things if it so succesfully develop their business. Key word: Business Model Canvas, Nuwono Tasya Guesthouse, Business Strategy