%A 1313022086 YENI APRIYANTI %T PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI GETARAN HARMONIS %X Hasil penelitian pendahuluan yang telah dilakukan di SMA N 1 Seputih Raman mengungkapkan bahwa perangkat pembelajaran flipped classroom dibutuhkan untuk meningkatkan kemandirian belajar, hasil belajar, dan membantu peserta didik untuk mengatasi kesulitan-kesulitan belajar yang dialaminya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui validitas perangkat pembelajaran flipped classroom pada materi getaran harmonis oleh ahli dan praktisi, serta mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan dari perangkat pembelajaran flipped classroom pada materi getaran harmonis. Desain pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi. Pada penelitian ini tahapan yang dilakukan hanya sampai pada tahap pengembangan. Hasil penelitian yang diperoleh dari uji validasi ahli yaitu rata-rata skor produk 3,60 dengan kualifikasi sangat valid, hasil uji praktisi diperoleh rata-rata skor 3,28 dengan kualifikasi sangat valid, dan hasil uji 1-1 menunjukkan rata skor kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan secara berturut-turut yaitu 3,26, 3,28, dan 3,22 dengan kaulifikasi sangat menarik, sangat mudah, dan bermanfaat. Kesimpulan dari hasil penelitian pengembangan ini adalah perangkat pembelajaran flipped classroom pada materi getaran harmonis layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika. Kata kunci: ADDIE, flipped classroom, perangkat pembelajaran, getaran harmonis. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints26599