@mastersthesis{eprints26604, month = {April}, title = {PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ALQURUN TEACHING MODEL (ATM) PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS}, school = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = {1423021097 Yenda Bella Putri}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/26604/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berbasis Alqurun Teaching Model ATM)pada materi teorema Pythagoras dan mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis ATM pada materi teorema Pythagoras. Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan yang mengadaptasi model penelitian pengembangan dari Borg dan Gall. Prosedur penelitian yang dilakukan,meliputi studi pendahuluan dan pengumpulan informasi,perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba produk awal, revisi produk pertama, uji coba terbatas, revisi produk kedua, dan uji lapangan. Karakteristik bahan ajar berbasis ATM pada materi teorema Pythagoras dikembangkan berdasarkan sintaks ATM,yaitu acknowledge, literature,quest,unite, refine, use, dan name. Validasi produk pengembangan ini dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Bertindak sebagai subjek uji coba terbatas adalah 10 siswa kelas VIII.4, sedangkan subjek uji coba lapangan adalah 34 siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 1 Talangpadang. Hasil uji efektivitas terhadap penggunaan bahan ajar berbasis ATM ditinjau dari ketuntasan hasil posttest siswa menunjukkan bahwa dari 34 siswa yang mengikuti tes terdapat 26 siswa (76\%) yang berhasil mencapai KKM. Kata kunci: ATM, Teorema Pythagoras, Bahan Ajar.} }