creators_name: Yolanda Pratiwi, 1313021089 creators_id: prtwyolanda@gmail.com type: other datestamp: 2017-05-05 08:20:51 lastmod: 2017-05-05 08:22:51 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester genap SMP Negeri 4 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017) ispublished: pub subjects: L1 subjects: QA full_text_status: restricted abstract: Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pem-belajaran kooperatif tipe STAD ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bandarlampung yang terdistribusi dalam 12 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-H dan VIII-F yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan desain pretest–posttest control group design. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, pembelajaran kooperatif tipe STAD, pemahaman konsep matematis date: 2017-04-27 date_type: published publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG place_of_pub: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN citation: Yolanda Pratiwi, 1313021089 (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester genap SMP Negeri 4 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN . document_url: http://digilib.unila.ac.id/26623/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/26623/3/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/26623/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf