%A 1313054047 RIDHA MENTARI DWANSI %T PENGARUH BERMAIN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP PERKEMBANGAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AMARTA TANI HKTI BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017 %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya perkembangan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun di TK Amarta Tani HKTI Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain media manipulatif terhadap perkembangan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre- eksperimental dengan desain One Grup Pretest-Posttest. Penelitian ini dilaksanakan di TK Amarta Tani HKTI Bandar Lampung. Waktu dalam penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 06 - 09 Desember 2016. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis tabel silang, uji-t, dan analisis uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara perkembangan mengenal bentuk geometri anak sebelum diberi aktivitas bermain media manipulatif dan sesudah diberi aktivitas bermain media manipulatif dan ada pengaruh bermain menggunakan media manipuatif terhadap perkembangan mengenal bentuk geometri anak usia 4-5 tahun. Kata kunci : anak usia dini, media manipulatif, geometri abstract The problem in this research was the low development for knowing the forms of geometry in children on age 4-5 years in kindergarten Amarta Tani HKTI Bandar Lampung. The purpose of this research was to see the effect of the play manipulative media against the development of the forms of geometry in children on age 4-5 years. The method that use in this research is Pre-Experimental in design One Group Pretest-Postest. This research was conducted in kindergarten Amarta Tani HKTI Bandar Lampung. Time in this study was conducted on December 6 - 9, 2016. The population in this research were 30 people. The sampling technique used was purposive sampling. Data were collected by observation and documentation. Data we use cross analysis table, t-test, and simple regresi linear. The results of this study indicate that there was a difference between the development for knowing of the form of geometry children before by the activity of playing manipulative media and after by play manipulative media and there was influence play using manipulative media to the development for knowing of the forms of geometry in children on age 4-5 years. Keywords : early childhood, manipulative media, geometry. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints26642