%A 1313031072 RUDI SAPUTRA %T PERBANDINGAN LIFE SKILL (KECAKAPAN HIDUP )ANTARA SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CO-OP CO-OP DAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS )DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN SPIRITUAL (SQ ) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU %X abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya life skill siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Al-Huda Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan life skill antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Co-op Co-op dan Two Stay Two Stray (TSTS )dengan memperhatikan kecerdasan spiritual (SQ )siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan treatment by level . Populasi meliputi seluruh siswa kelas VII SMP Al-Huda Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah sampel sebanyak 65 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan (1)Ada perbedaan life skill antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Co-op Co-op dan Two Stay Two Stray (TSTS )pada mata pelajaran IPS Terpadu, (2)Life skill yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Co-op Co-op lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS ) bagi siswa yang memiliki kecerdasan spiritual tinggi, (3 )Life skill yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS )lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Co-op Co-op bagi siswa yang memiliki kecerdasan spiritual rendah, (4) Adanya interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan kecerdasan spiritual terhadap life skill (kecakapan hidup ). Kata kunci: life skill, co-op co-op, two stay two stray, kecerdasan spiritual. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KAGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints26647