%A 1313053026 CARNELLA SUSANTI %T HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI (STIMULUS VARIATION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD MUHAMMADIYAH METRO PUSAT %X Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar matematika peserta didik yang beragam dan belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan keterampilan mengadakan variasi (stimulus variation) terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Metro Pusat. Jenis penelitian adalah ex-postfacto korelasi. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Metro Pusat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik non-tes, yaitu; observasi, kuesioner (angket), dan studi dokumentasi. Alat pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan pada keterampilan mengadakan variasi (stimulus variation) terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Metro Pusat. Kata kunci: matematika, prestasi belajar, variasi. %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2017 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints26648