title: PENGARUH SKILL REPRESENTASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING creator: EKA ROHMIATI, 1313022023 subject: L Education (General) = Pendidikan subject: QC Physics description: Banyak siswa menganggap fisika merupakan pelajaran yang sulit dan rumit karena terlalu banyak menggunakan rumus-rumus sehingga siswa lebih banyak merepresentasikan fisika hanya secara matematis. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh skill representasi matematis siswa terhadap hasil belajar melalui model pembelajaran problem based learning dengan materi pokok fluida statis. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Trimurjo dengan jumlah sampel 28 siswa menggunakan desain tipe One-Shot Case Study. Penelitian ini diperoleh dari data skill representasi matematis dan hasil belajar yang berdistribusi normal dan linear. Kemudian untuk menguji pengaruh antara skill representasi matematis dan hasil belajar dilakukan uji korelasi dan uji regresi linear sederhana. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa skill representasi matematis dan hasil belajar fisika dengan kontribusi sebesar 67,24 % dan persamaan regresinya adalah Y= 11,33 + 0,63X, sehingga besarnya pengaruh skill representasi matematis terhadap hasil belajar melalui model pembelajaran problem based learning jika dituliskan persentase sebesar 67,24 %. Kata kunci : hasil belajar, model pembelajaran problem based learning, skill representasi matematis. publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG date: 2017-05-03 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26653/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26653/7/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26653/8/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: EKA ROHMIATI, 1313022023 (2017) PENGARUH SKILL REPRESENTASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. relation: http://digilib.unila.ac.id/26653/