title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 23 Bandarlampung T.P. 2016/2017) creator: MAULANA EKA PRATIKTA, 1313021051 subject: L Education (General) = Pendidikan subject: QA Mathematics description: ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017. Melalui teknik purposive sampling 2 kelas diambil sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: Pemahaman Konsep, Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2017-04-26 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26661/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26661/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26661/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: MAULANA EKA PRATIKTA, 1313021051 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 23 Bandarlampung T.P. 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/26661/