title: PENGARUH METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 TRIMURJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2015/2016 creator: WAHYU NUR HIDAYAT, 1113033066 subject: HN Social history and conditions. Social problems. Social reform subject: L Education (General) = Pendidikan description: Tingkat pendidikan suatu bangsa dapat menggambarkan kemajuaan peradaban bangsa tersebut. Dalam pendidikan proses pembelajaran menjadi hal yang penting, dalam proses pembelajaran diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode diskusi kelompok merupakan metode pembelajaran yang difokuskan pada siswa, Metode ini memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengembangkan pola pikirnya terhadap permasalahan yang di berikan oleh guru, dengan berdiskusi dengan teman dan bimbingan dari guru siswa di harapkan dapat lebih termotivasi dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh metode diskusi kelompok terhadap motivasi belajar sejarah kelas XI di SMA N I Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode diskusi kelompok terhadap motivasi belajar sejarah siswa kelas XI di SMA Negeri I Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan uji korelasi Theta. Berdasarkan hasil perhitungan peneliti dengan menggunakan uji Theta, peneliti mendapatkan hasil 0,71 dan setelah dikaitkan dengan tabel koefisien korelasi, hasil 0,71 dapat di kategorikan tinggi atau kuat. Jadi dapat di simpulkan bahwah Besarnya pengaruh metode diskusi kelompok Terhadap motivasi belajar Sejarah siswa kelas XI di SMA Negeri I Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah adalah tinggi atau kuat. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2017-03-29 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26664/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26664/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26664/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: WAHYU NUR HIDAYAT, 1113033066 (2017) PENGARUH METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 TRIMURJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/26664/