%A 1113033054 Robiyan Taruna %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 LIWA LAMPUNG BARAT TAHUN AJARAN 2015/2016 %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Liwa, hal tersebut dibuktikan dari hasil observasi yang dilakukan peneliti ketika pembelajaran berlangsung masih banyak siswa yang gaduh dan mengobrol, siswa juga tidak memusatkan perhatiannya dan kurang merespon perintah guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh positif yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 2 Liwa Lampung Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh positif yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode analisis data kuantitatif dengan dilakukan uji hipotesis menggunakan uji koefisien korelasi theta dan uji kai kuadrat. Berdasarkan hasil hitung dengan menggunakan uji theta didapat nilai koefisien korelasi theta sebesar 0,4795, berarti bahwa ada pengaruh positif model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap motivasi belajar siswa, dengan kekuatan hubungan yang cukup berarti atau sedang. Dalam perhitungan dengan rumus kai kuadrat di peroleh X2 =19,38 dan Xtabel = 9,488 dengan taraf signifikan sebesar 0,05, memberikan arti bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan analisis data statistik yang telah dilakukan peneliti, dapat disimpukan bahwa ada pengaruh positif yang memiliki signifikansi sebesar 95% dari model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 2 Liwa Lampung Barat Tahun Ajaran 2015/2016 dengan kekuatan hubungan cukup berarti atau sedang. %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2017 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints26677