%0 Generic %A FITRI NURAINI, 1213024026 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:26682 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PROFIL KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 %U http://digilib.unila.ac.id/26682/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan bertanya dan kualitas pertanyaan dalam pembelajaran Biologi pada siswa kelas XI IPA dan kelas XII IPA SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 7, XI IPA 8, XII IPA 6 dan XII IPA 7 yang berjumlah 179 siswa dipilih menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Data kualitatif berupa deskripsi keterampilan bertanya dan kualitas pertanyaan berdasarkan gender siswa yang diperoleh dari observasi yang dianalisis dengan menghitung persentase dan diinterpretasikan ke dalam tabel kriteria serta diperkuat dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum keterampilan bertanya siswa dalam pembelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Bandar Lampung berkategori “sedang” dengan persentase sebesar 61,9%. Kualitas pertanyaan yang diajukan siswa laki-laki dan perempuan tergolong dalam pertanyan kognitif tingkat “rendah” dengan persentase sebesar 44,43%. Kualitas pertanyaan siswa pada pembelajaran biologi bervariasi yaitu kualiatas pertanyaan C1 dengan persentase sebesar 25,57%, pertanyaan C2 sebesar 13,36%, pertanyaan C3 sebesar 5,50%, pertanyaan C4 sebesar 8,87%, pertanyaan C5 sebesar 2,17%, dan pertanyaan C6 sebesar 0. Siswa perempuan lebih banyak bertanya dengan persentase 34,78% sedangkan siswa laki-laki lebih sedikit dengan nilai persentase 20,69%. Kata kunci: Gender, Keterampilan bertanya, Kualitas Pertanyaan, Pembelajaran Biologi