title: PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IVB SD NEGERI 1 SIMBARWARINGINTAHUN PELAJARAN 2016/2017 creator: YESI WULAN SARI, 1313053171 subject: L Education (General) = Pendidikan subject: LB1501 Primary Education description: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IVB SD Negeri 1 Simbarwaringin kecamatan Trimurjo kabupaten Lampung Tengah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model cooperative learning tipe team assisted individualization terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain eksperimen the non equivalent control group. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes tertulis, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test pooled varians dan program statistical product and service solution menunjukkan bahwa Hα diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe team assisted individualization terhadap hasil belajar kognitif IPS siswa kelas IVB SD Negeri 1 Simbarwaringin tahun pelajaran 2016/2017. Kata kunci: hasil belajar, IPS, team assisted individualization publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2017-05-02 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26714/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26714/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26714/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: YESI WULAN SARI, 1313053171 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IVB SD NEGERI 1 SIMBARWARINGINTAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/26714/