TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints26714 UR - http://digilib.unila.ac.id/26714/ A1 - YESI WULAN SARI, 1313053171 Y1 - 2017/05/02/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IVB SD Negeri 1 Simbarwaringin kecamatan Trimurjo kabupaten Lampung Tengah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model cooperative learning tipe team assisted individualization terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain eksperimen the non equivalent control group. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes tertulis, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test pooled varians dan program statistical product and service solution menunjukkan bahwa H? diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe team assisted individualization terhadap hasil belajar kognitif IPS siswa kelas IVB SD Negeri 1 Simbarwaringin tahun pelajaran 2016/2017. Kata kunci: hasil belajar, IPS, team assisted individualization PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IVB SD NEGERI 1 SIMBARWARINGINTAHUN PELAJARAN 2016/2017 AV - restricted ER -