TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints26737 UR - http://digilib.unila.ac.id/26737/ A1 - SUKMAN ANDRIANTO, 1306031069 Y1 - 2017/05/08/ N2 - ABSTRAK Erri Art sebagai industri rumahan gerabah hadir sebagai perusahaan yang bergerak dibidang kerajinan tangan yang memproduksi gerabah dengan berbagai bentuk seperti guci, vas bunga, celengan, asbak dan yang lainnya dan menjadi salah satu produk unggulan daerah Lampung. Hal itu dibuktikan dengan didapatkannya penghargaan dari Kementrian Perindustrian Indonesia dengan kategori OVOP (One Village One Product). Industri rumahan ini berlokasi di Dusun Sidoarjo 1 Desa Rejosari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Pokok permasalahan penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran home industri Erri Art sebagai salah satu produk unggulan daerah untuk menghadapi produk pesaing, menjadi salah satu alasan ketertarikan penulis untuk meneliti. Konsep yang digunakan untuk membahas strategi komunikasi pemasaran mengacu pada konsep teori Chriss Fill dan Kotler & Keller dalam menyiapkan dan membuat perencanaan pemasaran. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian diperoleh bahwa Erri Art telah melakukan komunikasi pemasaran. Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan terdiri dari pameran, promosi penjualan, penjualan tatap muka, mulut ke mulut dan publisitas yang akhirnya berpengaruh pada meningkatnya volume penjualan. Sebagai industri rumahan yang telah didapatkannya penghargaan dengan kategori One Village One Product (OVOP), yaitu industri yang seharusnya bisa menjual dan mengangkat potensi dan keunggulan daerah. Erri Art telah mendapatkan penghargaan, namun belum menjua kekhasan daerah Lampung baik dari segi motif, corak dan warna. Kata Kunci : Erri Art, Home Industri Gerabah, Strategi Komunikasi Pemasaran. ABSTRACT Erri Art as home industry pottery present as a company engaged in handicrafts that produce pottery with various forms such as jars, vases, piggy banks, ashtrays and others and become one of the superior products of the Lampung region. This is evidenced by get awarded from the Ministry Industry of Indonesia with the category OVOP (One Village One Product). This home industry is located in Dusun Sidoarjo 1 Desa Rejosari Natar District South Lampung regency. The main problem of this research is how marketing communication strategy of Erri Art home industry as one of the regional superior product to face competitor product, become one of the reasons of interest of writer to research. The concept used to discuss marketing communication strategy refers to the theoretical concepts from Chriss Fill and Kotler & Keller in preparing and making marketing planning. This research uses descriptive qualitative approach with case study metodh. The results is obtained that Erri Art has made marketing communications. Marketing communication strategy that consists is exhibition, sales promotion, sales face to face, mouth to mouth and publicity that ultimately affect the increase in sales volume. As a home industry that has been awarded with the category One Village One Product (OVOP), an industry that should be able to sell and raise the potential and regional advantages. Erri Art awarded achivement but it has not sold the uniquenes of Lampung area either in terms of motives, patterns and colors. Key Word : Erri Art, Home industry pottery, Marketing communication strategy. PB - FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK TI - STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KERAJINAN GERABAH SEBAGAI SALAH SATU PRODUK UNGGULAN DAERAH (Studi pada Home Industri Gerabah Erri Art di Dusun Sidoarjo 1 Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan) AV - restricted ER -