TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints26745 UR - http://digilib.unila.ac.id/26745/ A1 - YULI SETIOWATI , 1213052054 Y1 - 2016/12/01/ N2 - ABSTRAK Permasahan dalam penelitian ini adalah ?Bagaimana penggunaan konseling teknik reinforcement positif dalam meningkatkan sikap dan kebiasaan belajar siswa di MTs Pelita Gedong tataan??. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa konseling teknik reinforcement positif dapat meningkatkan sikap dan kebiasaan belajar pada siswa kelas VIII MTs Pelita Gedong Tataan Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini bersifat penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Subjek penelitian ini sebanyak 3 orang siswa yang memiliki sikap dan kebiasaan belajar kurang positif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan konseling teknik reinforcement positif dapat meningkatkan sikap dan kebiasaan belajar siswa. hal ini ditujukkan hasil analisis data pada subjek Eri 83%, Bilqis 66%, dan Mita 80 %. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan konseling teknik reinforcement positif dapat meningkatkan sikap dan kebiasaan belajar pada siswa kelas VIII MTs Pelita Gedong Tataan Tahun Ajaran 2015/2016. Kata kunci : konseling individu, reinforcement positif, kebiasaan belajar PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGGUNAAN KONSELING TEKNIK REINFORCEMENT POSITIF DALAM MENINGKATKAN SIKAP DAN KEBIASAAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII DI MTS PELITA GEDONG TATAAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. AV - restricted ER -