@misc{eprints26750, month = {Mei}, title = { PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING PADA PEMBELAJARAN SIMAYANG DALAM MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT }, author = {1313023045 LEZY MAIDELA }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/26750/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi scaffolding pada pembelajaran SiMaYang dalam meningkatkan self efficacy dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung pada semester genap tahun 2016/2017. Teknik pe?ngambilan sampel yang digunakan yaitu teknik cluster random sampling dan di?peroleh sampel kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 4 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperi?men dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengaruh strategi scaffolding pada pembelajaran SiMaYang diukur berdasarkan rata-rata nilai n-Gain self efficacy dan penguasaan konsep siswa, kemudian ukur?an besar pengaruh strategi scaffolding tersebut diukur berdasarkan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen rata-rata nilai n-Gain self efficacy berkriteria ?sedang? dan penguasaan konsep berkriteria ?tinggi?. Selanjutnya, strategi scaffolding pada model pembe?lajaran SiMaYang memiliki pengaruh ?sedang? terhadap pe?ningkat?an self efficacy siswa dan memiliki pengaruh ?besar? terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di-simpulkan bahwa strategi scaffolding pada pembelajaran SiMaYang ber?pengaruh dalam meningkatkan self efficacy dan penguasaan konsep pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Kata kunci: penguasaan konsep, self efficacy, SiMaYang, strategi scaffolding. } }