TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints26753 UR - http://digilib.unila.ac.id/26753/ A1 - FIDA AL-HIKMAH, 1313034038 Y1 - 2017/04/10/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) Perbedaan hasil belajar geografi siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajara kooperatif tipe portofolio dan kelas kontrol yang hanya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe konvensional. (2) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe portofolio terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS MA Al-Fatah Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS A dan kelas XI IPS B. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan hasil belajar geografi siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe portofolio dan kelas kontrol yang hanya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe konvensional, (2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe portofolio terhadap hasil belajar geografi siswa meningkat 68,83% pada kelas XI IPS MA Al-Fatah Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Kata kunci: Portofolio, Konvensional, Hasil belajar geografi. EFFECT OF COOPERATIVE LEARNING MODEL OF PORTFOLIO TYPE ON LEARNING RESULT OF GEOGRAPHY STUDENT CLASS XI IPS MA AL-FATAH DISTRICT NATAR DISTRICT SOUTHERN LAMPUNG TEACHING DATE 2016/2017 The purpose of this research is to know and to analyze (1) The difference of learning result of student geography in experimental class using cooperative learning model of portfolio type and control class using only conventional type cooperative learning model. (2) Influence of cooperative learning model of portfolio type to geography learning result of grade XI IPS MA Al-Fatah Sub Natar, South Lampung District. The study used quasi experimental method. The population in this study were the students of class XI IPS A and class XI IPS B. Data analysis techniques used were t test and simple linear regression analysis. The result of research shows that (1) there is difference of learning result of student geography in experimental class using cooperative learning model of portofolio type and control class using only conventional type cooperative learning model, (2) there is influence of cooperative learning model of portofolio type to learning result of student geography An increase of 68.83% in the class XI IPS MA Al-Fatah District Natar South Lampung regency. Keywords: Portfolio, Conventional, Geography learning result. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS MA AL-FATAH KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2016/2017 AV - restricted ER -