TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints26764 UR - http://digilib.unila.ac.id/26764/ A1 - PURNAMA SARI , 1313053120 Y1 - 2017/05/09/ N2 - ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SD negeri 2 Metro Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Metro Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis dengan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data berupa kuantitatif. Data yang diperoleh dari penelitian dianalisis menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL dapat memberikan pengaruh yang positif dan siknifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Metro Selatan. Kata kunci: hasil belajar, IPS, model problem based learning, PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 METRO SELATAN AV - restricted ER -