TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints26779 UR - http://digilib.unila.ac.id/26779/ A1 - SITI NURAZIZAH, 1313053154 Y1 - 2017/05/05/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dan positif pada model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Rata-rata nilai hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 76,80, rata-rata nilai hasil belajar pada kelas kontrol sebesar 70,80. Perbandingan nilai N-Gain kelas eksperimen dengan kelas kontrol yaitu 0,59 dengan 0,51, selisih N-Gain kedua kelas tersebut sebesar 0,08. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test pooled varians diperoleh data thitung sebesar 2,68 sedangkan ttabel sebesar 2,02, perbandingan tersebut menunjukan (2,68 > 2,02) berarti Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan dan positif pada model cooperative learning tipe TGT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 4 Metro Barat. Kata kunci: hasil belajar, matematika, dan teams games tournament PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 METRO BARAT AV - restricted ER -